Logo PA Buol

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Buol

 

Written by Andri on . Hits: 26

Pecah Telur, Pengadilan Agama Buol Berhasil Mediasi Pada Triwulan ke II

WhatsApp Image 2022 04 11 at 10.13.39 AM

Mengawali Minggu kedua di Bulan April 2022 atau tepatnya tanggal 9 Ramadhan 1443 Hijriyah, salah seorang hakim mediator Pengadilan Agama Buol Mujiburrokhman, S.Ag.M.Ag., berhasil mediasi perkara perceraian. Bertempat di Ruang Mediasi, Selasa (09/04/2022), pasangan suami isteri yang semula terlibat dalam konflik rumah tangga, pada akhirnya berdamai dan sepakat rukun kembali membina rumah tangga. Pak Mujib, (biasa disapa Pak Wakil) mengatakan bahwa mediasi ini diajukan oleh Penggugat (istri) melawan Tergugat (suami). Dalam proses keberhasilan mediasi perkara Nomor 55/Pdt.G/2022/PA.Buol ini adalah bagaimana ikhtiarnya meyakinkan pihak Penggugat dan Tergugat. “karena niat Tergugat untuk memperbaiki rumah tangga, ya, menjadi modal bagi saya untuk meyakinkan hati Penggugat”, ujarnya. 

Picture1

Keberhasilan mediasi ini merupakan suatu kepuasan dan kebanggaan tersendiri bagi Pengadilan Agama Buol, karena selama Tri Wulan Pertama ini belum ada Mediasi yang berhasil, dan ini merupakan suatu prestasi kinerja yang gemilang oleh Hakim Mediator tersebut. Dimana dalam tahapan mediasi ini mediator dituntut semaksimal mungkin mengusahakan perdamaian dalam penyelesaian masalah yang dihadapi oleh para pihak yang berperkara, mediator diharapkan bisa mengakhiri sengketa di antara para pihak tersebut dengan melakukan pendekatan dan bicara dari hati ke hati, sehingga yang semula tangis kesedihan dan amarah menjadi senyum kebahagiaan para pihak tersebut.

Semoga dengan keberhasilan mediasi ini, untuk tahun 2022 yang telah berjalan ini, ada perkara-perkara yang mediasi semoga mengikuti langkah yang sama menuju kepada berhasil untuk dimediasi. Oleh karenanya diharapkan bisa menjadi motivasi dan menambah semangat para Hakim Mediator di sela padatnya pekerjaan, namun tetap mengupayakan pelaksanaan mediasi secara maksimal.

Beliau mengatakan, jika elemen keluarga baik, maka baik pula masyarakatnya, bangsanya, negaranya, serta pemimpinnya. Artinya, keluarga menjadi entitas kecil yang menetukan kebaikan suatu negara, bahkan kebaikan seorang pemimpin. Maka dari itu, wajar jika keberhasilan mediasi di Tri Wulan Pertama tahun 2022 patut diapresiasi dan menjadi kado yang dipersembahkan PA Buol untuk masyarakat pencari keadilan. Semoga ke depan semakin banyak mediasi yang berhasil. Karena puncak tertinggi hukum adalah kedamaian. (Admin PA.Buol.)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Buol

Jl. Batalipu No.7, Leok II, Biau, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah 94563

Telp: 0445-211412
Fax: 0445-211412

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.