logo1

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Buol

on . Hits: 104

GUGATAN WARIS DAMAI

            Pada awal Tahun 2019 ini, Pengadilan Agama Buol menerima perkara Sengketa waris sudah mencapai 3 perkara, satu perkara sudah diputus oleh Majelis Hakim, satu perkara sudah berhasil damai, dan satu lagi masih dalam proses mediasi.

            Satu hal yang cukup menggembirakan, bahwa perkara sengketa waris dengan No. 4/Pdt.G/2019/PA.Buol, yang diajukan oleh satu rumpun keluarga ini, yaitu antara anak-anak kandung pewaris (almarhum) berlawanan dengan ahli waris pengganti (cucu-cucu) dari almarhum pewaris, yang sudah lama dikuasi sepihak oleh para Tergugat dapat berhasil dengan kesepakatan perdamaian didepan Mediator Hakim Pengadilan Agama Buol Muhammad Jalaluddin, S.Ag.

            Proses mediasi dan negosiasi antara para Penggugat dengan dibantu kuasa hukumnya dan para Tergugat yang cukup alot dan memakan waktu hampir 3 (tiga) minggu, membuahkan hasil yang sangat menggembirakan. Kesepakatan perdamaian itu dikukuhkan menjadi Akta Perdamain oleh Majelis Hakim, sehingga sengketa harta warisan yang melibatkan satu rumpun keluarga ini berakhir dengan damai.

            Wajah-wajah senang dan gembira serta mengharukan terlihat pada wajah-wajah mereka ketika keluar dari sidang mediasi. Secercah harapan terajut kembali, untuk mempererat tali persaudaraan diantara keluarga besar almarhum, yang selama ini renggang, karena persoalan saling klaim hak kepemilikan, kini berakhir kembali hangat dalam suasana perdamaian di Pengadilan Agama Buol.

HB

              Para pihak Penggugat bersama kuasanya dan para Tergugat merasa puas dan bahagia, bahwa pihak Pengadilan Agama Buol telah berani dan berhasil membangun paradigma yang positif di masyarakat, bahwa tidak semua perkara yang masuk di pengadilan itu harus berakhir dengan kalah dan menang, suka atau tidak suka, sehingga adigium yang selama ini terbangun dimasyarakat telah terpatahkan dengan perkara sengketa Harta Warisan tersebut berakhir dengan damai antara Para Penggugat dan Para Tergugat, tanpa harus melalui proses persidangan yang panjang dan melelahkan.

HB2

          Keberhasilan mediasi ini mendapat apresiasi dari Ketua Pengadilan Agama Buol yaitu ibu Nurmaidah S.HI, M.H., semoga keberhasilan mediasi waris ini menjadi cambuk dan tonggak awal kita untuk terus semangat dan tidak berputus asa untuk terus mendorong semua pihak yang berperkara di Pengadilan untuk mau menyelesaikan sengketanya dengan cara damai (non litigasi), karena cara ini lebih elegan dan bermartabat dalam menyelesaikan persoalan masyarakat, khususnya masyarakat pencari keadilan di Kabupaten Buol ini, tanpa harus mencederai rasa keadilan masyarakat, karena kemauan untuk menyelesaikan persoalan mereka itu, dimulai atas dasar kesadaran, kebersamaan, musyawarah dan kemufakatan yang selama ini hampir pupus di tengah masyarakat.

            Penyelesaian sengketa secara damai yang berhasil ini diusahakan terus berjalan pada semua perkara, terlebih perkara cerai gugat maupun cerai talak yang masuk di Pengadilan Agama Buol masih menempati urutan teratas dan diharapkan akan banyak lagi perkara-perkara lain yang berhasil selesai dengan perdamaian, tanpa harus melalui proses litigasi yang panjang dan melelahkan. Hal tersebut tentunya membutuhkan dukungan dan kepercayaan kepada semua pihak, untuk terus membangun citra dan asumsi publik terhadap pengadilan, menjadi citra yang baik, bersahabat, bermartabat dan menyelesaikan masalah masyarakat dengan kemanusian dan keadilan berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

(TGJ).

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Buol

Jl. Ir. Karim Mbow, Kel. Leok II, Kec. Biau, Kab. Buol

Telp: 0445-211412
Fax: 0445-211412

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE