logo1

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Buol

on . Hits: 18

KETUA PTA. PALU MELANTIK KETUA PENGADILAN AGAMA PARIGI, PA. BUOL DAN WAKIL KETUA PENGADILAN AGAMA AMPANA

Palu|www.pta-palu.go.id

Selasa, 30 Oktober 2018, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palu, Dr. Drs. H. Abu Huraerah, S.H.,M.H. melantik tiga ketua Pengadilan Agama yaitu Ulfah, S.Ag.,M.H. (Ketua Pengadilan Agama Parigi yang sebelumnya Wakil Ketua Pengadilan Agama Parigi), Nurmaidah, S.H.I.,M.H. (Ketua Pengadilan Agama Buol sebelumnya Wakil Ketua Pengadilan Agama Poso) dan A. Riza Suaidi, S.Ag.,M.H.I. (Wakil Ketua Pengadilan Ampana sebelumnya Hakim Pengadilan Agama Lombok). Pengadilan Ampana sendiri adalah Pengadilan Agama Baru di wilayah PTA. Palu.

Acara pelantikan berlangsung di ruang sidang Pengadilan Tinggi Agama Palu yang dihadiri oleh seluruh stake holder PTA. Palu, Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Palu, Donggala, Parigi, Ketua Pengadilan Agama Poso, Ketua Pengadilan Agama Bungku, Plt. Pengadilan Agama Buol  serta tamu undangan lainnya.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI, kata-kata Pelantikan oleh ketua PTA.Palu, Penyematan Kalung Jabatan, Pengambilan Sumpah Jabatan, Penandatanganan Berita Acara Sumpah yang disaksikan oleh dua Hakim Tinggi PTA. Palu, Drs. H. Ilham Mushaddaq, S.H.,M.H, Drs. H. Rusman Mallapi, S.H.,M.H. dan dampingi oleh Rohaniwan, Drs. H. Galib, M.Pd.I (Fungsional Umum Bidang Waqaf Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Tengah, Pembacaan dan Penandatanganan Pakta Integritas dan perkenalan singkat pejabat yang dilantik.

Pada acara tersebut, juga dilakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan dari Ketua Pengadilan Agama Buol lama kepada Ketua Pengadilan Agama baru serta penyerahan wilayah hukum Pengadilan Agama Ampana dari Ketua Pengadilan Agama Poso kepada Wakil Ketua Pengadilan Agama Ampana

Dalam sambutannya, Abu Huraerah menyampaikan ucapan selamat kepada pejabat yang baru dilantik seraya mengingatkan bahwa jabatan sebagai sebuah amanah harus diemban dengan penuh dedikasi dan rasa tanggung jawab.

“Sumpah jabatan yang telah diucapkan dan setiap poin yang ada dalam Pakta Integritas yang telah saudara-saudara tandatangani agar betul-betul diresapi dan dijadikan sebagai pegangan dalam mengemban jabatan sehingga mampu menangkis segala godaan yang datang”, imbuhnya.

Selain itu, Abu Huraerah juga menyampaikan beberapa pesan Dirjen Badilag pada Pembinaan di Manado di sela-disela acara peresmian operasional 85 pengadilan baru di kepulauan Talaud Sulawesi Utara  beberapa waktu lalu yaitu :

  1. Dalam waktu dekat Ditjen Badilag akan mengadakan beberapa perlombaan terkait tupoksi yaitu inovasi pelayanan peradilan, Implementasi SIPP, Penilaian Website, Penilian ABS serta Penilaian Pemberkasan. Lomba tersebut dimaksudkan untuk peningkatan pelayanan peradilan terhadap pencari keadilan. Perlu digaris bawahi bahwa Dirjen Badilag melakukan pengecekan rutin setiap hari Jum’at terhadap  seluruh website peradilan agama seluruh Indonesia sehingga website agar selalu up to date
  2. Setiap satker agar mengimpelementasikan program access to justice yang mencakup pembebasan biaya perkara, sidang keliling dan posbakum.

Selain itu, Abu Huraerah juga menyampaikan pesan Sekretaris Mahkamah Agung RI di acara yang sama yakni tentang fungsi dan kedudukan kesekretariatan dalam organisasi peradilan agama.

“Kesekretariatan sebagai unit pemberian dukungan terhadap pelaksanaan tugas pokok peradilan harus memprioritaskan pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana penunjang tugas pokok lembaga peradilan dalam setiap perencanaan program dan anggaran”, imbuhnya

Selain itu, hal urgen lain lanjut Abu Huraerah bahwa sekretaris pengadilan dalam menjalankan tugas dan fungsinya bertanggung jawab kepada ketua pengadilan selaku atasan langsungnya.

“Sesuai ketentuan pasal 4 Perma No. 7 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepaniteraan dan Kesekretariatan Peradilan bahwa kesekretariatan peradilan adalah aparatur tata usaha negara yang menjalankan tugas dan fungsinya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada ketua pengadilan”, tegasnya.

Setelah acara pelantikan 3 ketua Pengadilan Agama, Wakil Ketua Pengadilan Agama Ampana langsung melantik dan mengambil sumpah jajarannya yaitu hakim, pejabat fungsional dan struktural.

Acara ditutup dengan doa, foto bersama dan pemberian ucapan selamat. (iin).






sumber berita : www.pta-palu.go.id

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Buol

Jl. Ir. Karim Mbow, Kel. Leok II, Kec. Biau, Kab. Buol

Telp: 0445-211412
Fax: 0445-211412

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE