Pelatihan Implementasi Aplikasi SIPP versi 3.1.1

Pelatihan Implementasi Aplikasi SIPP versi 3.1.1


Senin 22 Februari 2016, Pengadilan Tinggi Agama Palu melakukan kegiatan Pembinaan Implementasi Aplikasi SIPP versi 3.1.1 bagi admin Pengadilan Agama Buol dan Pengadilan Agama Tolitoli. Kegiatan ini dilakukan dari tanggal 22 - 25 Februari 2016 bertempat di Pengadilan Agama Tolitoli dan yang dijadikan bahan pelatihan kali ini adalah SIPP versi 3.1.1  

Dibanding versi sebelumnya, SIPP versi ini memiliki sejumlah fitur tambahan. “Di antaranya, kemudahan pencatatan perkara tilang, mendukung fungsi praperadilan, perlawanan dan bantahan. Selain itu, SIPP versi 3.1.1 juga mendukung regulasi mengenai mediasi yang terbaru. Ada pula menu untuk small claim courts namun disamping itu Aplikasi SIPP masih terdapat beberapa kekurangan dan masih dalam pembenahan.

Mengutip Perkataan Sekretaris MA yang menjelaskan mengenai program Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). “Kini SIPP sudah versi 3, dimana teknologinya semakin canggih. Nantinya system ini akan terintegrasi. Jadi jangan heran nanti Pimpinan MA bisa mengetahui hakim siapa mengerjakan perkara apa saja. Bahkan hakim yang jarang sidang juga bisa ketahuan. Target saya di tahun 2017, seluruh pengadilan di Indonesia sudah harus memiliki SIPP” tandasnya.

Setelah mengikuti Training di Pengadilan Agama Tolitoli admin dari Pengadilan Agama Buol mengajarkan kepada Hakim dan Pejabat di Kepaniteraan dengan didampingi oleh salah satu Trainer MA.

(Yunda)