Tahun Baru, Badilag Dipimpin Dirjen Baru

Tahun Baru, Badilag Dipimpin Dirjen Baru


Jakarta l Badilag.net

Memasuki pekan kedua tahun 2015, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI dipimpin oleh seorang pejabat eselon I baru.

Drs. H. Abdul Manaf, S.H., M.H. kini menjadi Dirjen Badilag setelah dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua MA Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H., Kamis (8/1/2015) pagi, di ruang Ketua MA.

Mantan Inspektur Wilayah III Badan Pengawasan MA itu menggantikan Dr. H. Purwosusilo, S.H., M.H. yang memungkasi pengabdiannya selaku Dirjen Badilag pada Oktober 2014 lalu dan kini menjadi hakim agung.

Setelah resmi menjadi orang nomor satu di Badilag, Abdul Manaf kini membawahi empat unit kerja eselon II, yaitu Sekretariat, Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama, Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Agama dan Direktorat Pranata dan Tatalaksana Perkara Perdata Agama.

Di samping itu, Abdul Manaf sekarang juga menjadi atasan langsung bagi 29 Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh/ Pengadilan Tinggi Agama yang membawahi 359 Mahkamah Syar’iyah/Pengadilan Agama di seluruh Indonesia.

Lahir di Bogor, 12 Juli 1958, Abdul Manaf mengawali karirnya di PA Bajawa, NTB, sebagai pegawai pada tahun 1984. Dua tahun kemudian, suami dari Dra. Wina Agustina ini menjadi hakim di tempat yang sama.

Masih di PA Bajawa, pada tahun 1988 ia menjadi wakil ketua dan dipromosikan menjadi ketua pada tahun 1992.

Empat tahun menjadi Ketua PA Bajawa, Abdul Manaf lantas pindah tugas menjadi Ketua PA Karangasem, Bali, mulai tahun 1996.

Abdul Manaf menapaki karir di Pulau Jawa mulai tahun 2003, ketika dilantik menjadi Wakil Ketua PA Jakarta Utara. Di satker yang sama, mulai tahun 2006, alumnus IAIN Yogyakarta itu dipromosikan menjadi ketua.

Pada tahun 2008, Abdul Manaf diangkat menjadi hakim tinggi dan ditugaskan di PTA Medan. Setahun berselang,  ayah dari dua anak itu dimutasi ke PTA Jakarta sebagai hakim tinggi yang ditugaskan di Badan Pengawasan MA.

Karir Abdul Manaf menanjak di Bawas. Mulai tahun 2012, ia dipromosikan menjadi pejabat eselon II, tepatnya Inspektur Wilayah IV Bawas yang meliputi wilayah NTB, NTT, Maluku dan Papua.

Setahun kemudian, pejabat yang terkenal religius itu digeser menjadi Inspektur Wilayah III Bawas yang meliputi wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

Setelah 31 tahun mengabdi di peradilan agama, dengan golongan ruang IV/e, mulai hari ini Abdul Manaf menjalani tugas baru sebagai Dirjen Badilag. Ia merupakan Dirjen Badilag yang ketiga setelah Wahyu Widiana dan Purwosusilo.

[hermansyah I ridwan anwar]

Repost By Ahmad Edi Purwanto